Pengertian dan kriteria suatu Stem Cell

Stem Cell


Stem Cell atau Sel Punca adalah sel yang belum berdiferensiasi dan dapat membelah secara terus menerus, serta akan menghasilkan sel anakan yang dapat berdiferensiasi atau tetap menjadi stem cell(Alberts et.al. 2002).

Selain itu, stem cell juga memiliki beberapa keriteria untuk memperjelas dan membatasi definisi awal stem cell. Mengenai kriteria ini, beberapa ilmuan memiliki pendapat yang berbeda-beda. Menurut Alberts dkk, kriteria stem cell secara umum adalah sebagai berikut.
1. Sel tidak berada pada tahap akhir diferensiasi.
2. Dapat membelah tanpa batas (atau setidaknya untuk seumur hidup hewan).
3. Saat membelah, tiap sel anakan memiliki pilihan: dapat menjadi stem cell kembali atau melakukan diferensiasi.

 Namun, kriteria stem cell ini juga masih harus diperjelas, khususnya terhadap salah satu kelompok dari stem cell yaitu adult stem cell (sel punca dewasa). Menurut Robert Lanza dan Anthony Atala, sel punca tersebut memiliki beberapa kriteria lagi. Kriteria tersebut antara lain.
1. Sel yang langka pada jaringan, kalah jumlah dengan populasi sel transit, dan sel-sel turunannya dangat bergantung kepadanya.
2. Satu satunya sel yang mendiami jaringan secara permanen.
3. Sel sel yang berada pada awal jalur keturunan atau jalur migrasi yang dapat diidentifikasi.


Alberts, B., Johnson, A., Lewis, J., Raff, M., Roberts, K., & Walter, P. (2002). Molecular biology of the cell. New York: Garland Science.
Lanza, R. P. (2006). Essentials of stem cell biology. Amsterdam: Elsevier/Academic Press.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages